Rabu, 02 November 2011

pengertian kekuasaan


1 Menurut Lasswell dan Kaplan kekuasaan adalah hubungan atau relasi antara seseorang atau kelompok terhadap kelompok lainnya dimana salah satu individu atau kelompok mampu mendeterminasi pengaruh yang lain.


2 Van Doorn menyatakan bahwa kekuasaan adalah kemungkinan membatasi alternatif-alternatif tingkah laku orang-orang atau kelompok-kelompok lain sesuai dengan tujuan-tujuan seseorang atau suatu kelompok.


3 Valkenvurgh menambahkah kekuasaan adalah suatu hubungan yang melahirkan kemungkinan membatasi alternatif-alternatif tingkah laku dari orang atau kelompok yang lain.


4 Parsons dan Deutch yang menganggap kekuasaan sebagai alat tukar-menukar dan alat pembayaran yang unggul di dalam politik. Menurut pandangan ini, seorang politisi memperoleh kekuasaan dalam bentuk dukungan dari para konstituen dan memberi kekuasaan dalam bentuk keputusan-keputusan kebijaksanaan. Penggunaan kekuasaan yang efektif dan efisien seringkali dinamakan penguasaan (control).

5 Menurut Weber, Kekuasaan adalah  kemungkinan dimana seseorang di dalam hubungan sosialnya mempunyai posisi untuk melakukan segala keinginannya tanpa adanya perlawanan.
6 Menurut Buckley, Kekuasaan adalah  merupakan suatu kendali atau pengaruh atas perilaku orang lain untuk mendukung pandangan seseorang tanpa sepengetahuan mereka, bertentangan dengan keinginan atau pemahaman mereka.
7 Menurut Kipnis, Kekuasaan adalah interaksi antara dua pihak, yaitu pemegang kekuasaan dan target person, dimana perilaku tadi diarahkan oleh pemegang kekuasaan. Kekuasaan koersif adalah memaksa, bentuk-bentuk legitimasi dari pengaruh sosial, seperti ancaman, hukuman.
8Menurut Miriam Budiardjo, Kekuasaan adalah kewenangan yang didapatkan oleh seseorang atau kelompok guna menjalankan kewenangan tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan, kewenangan tidak boleh dijalankan melebihi kewenangan yang diperoleh atau kemampuan seseorang atau kelompok untuk mempengaruhi tingkah laku orang atau kelompok lain sesuai dengan keinginan dari pelaku
 9 Menurut Ramlan Surbakti, Kekuasaan merupakan kemampuan mempengaruhi pihak lain untuk berpikir dan berperilaku sesuai dengan kehendak yang mempengaruhi
10 Walter Nord merumuskan kekuasaan itu sebagai suatu kemampuan untuk mencapai suatu tujuan yang berbeda secara jelas dari tujuan lainnya.
11 Gibson Kekuasaan adalah Kemampuan seseorang untuk memperoleh seuatu sesuai dengan cara yang dikehendaki.
12 Menurut Lewin Kekuasaan adalah kemampuan potensial dari seseorang/kelompok orang untuk mempengaruhi yang lain dalam sistem yang ada.
13 Kekuasaan adalah hasil pengaruh yang diinginkan sesorang atausekelompok orang. Kekuasaan merupakan konsep kuiantitaif, karena dapatdihitung hasilnya. Misalnya, berapa lias wilayah jajajahan, berapa banyak orang yenag berhasil dipengaruhi, berapa lama berkuasa, dll. (INUKENCANA SYAFIIE)

14 Kekuasaan adalah kemampuan untuk menggunakan pengaruh, sedangkanalasan adalah penggunaan pengaruh yang sebenarnya. Perbedaan dalamkekuasaan didasarkan pada perbedaan kausalitas atau perbedaan sebab-akibat (J
MES RIKER, ilmuwan America)

15 AKekuasaan adalah konsep dasar ilmu sosial. Kekuasaan merupakan hal penting dalam kehidupan organisasi dan kekuasaandalam organisasiterikat dengan status seseorang. (BERTRAND RUSSEL)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar