Sabtu, 17 April 2010

kecantikan

Sedot Lemak, Jalan Pintas Tampil Serasi
 

Salah satu edisi jurnal The American Society of Plastic Surgery, telah merilis hasil sebuah penelitian terhadap 200 perempuan yang melakukan sedot lemak.
Hampir 50% dari responden tersebut, enam bulan kemudian mengalami peningkatan berat badan, hingga mencapai bobot sebelum operasi dilakukan. 43% mengalami peningkatan berat badan, 23% mengalami penurunan berat badan dan 32% tidak mengalami perubahan berat badan.
Mengapa sedot lemak tidak mampu membuat seseorang menjaga kestabilan berat badannya? Agar memahami lebih jelas tindakan medis ini, berikut uraiannya. 

Apakah sedot lemak itu?
Langkah medis ini dikenal juga sebagai Liposuction/lipoplasty atau suction lipectomy. Sebuah tindakan bedah kosmetik untuk mengikis timbunan lemak bawah kulit yang biasanya berada di perut, lengan, paha dan bokong agar tercapai keserasian bentuk tubuh.
Jadi, sedot lemak BUKAN untuk menurunkan berat badan, memperkecil postur tubuh atau untuk mengubah bentuk badan. Itu sebabnya, dokter selalu menyarankan operasi ini kepada pasien yang memiliki kulit tubuh bergelambir akibat melakukan penurunan berat badan.
Biasanya setelah dilakukan sedot lemak, berat badan akan kembali setelah 3 bulan. Hal ini karena operasi ini bersifat tidak menghilangkan sel lemak dalam tubuh.
Tindakan medis bersyarat
Sebelum operasi dilakukan dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan. Dokter akan menolak melakukan operasi jika pasien berusia di atas 35 tahun, sedang dalam kondisi overweight, pola makan yang buruk serta memiliki gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok dan minum-minuman beralkohol.
Pasien harus dalam kondisi yang sehat dan tidak menderita diabetes, sakit jantung, anemia, asma, tekanan darah tinggi serta peyakit-penyakit kronis lainnya. Kondisi psikisnya pun juga harus stabil.

olahraga

Bagi Yang Sibuk, Berikut Jenis Alat Fitnes Buat Anda

Penggunaan alat bantu yang canggih di pusat kebugaran seperti di Fitness Center memerlukan petunjuk kegunaan dari instruktur sehingga terbentuk suatu aktivitas latihan yang sifatnya terstruktur dan menyeluruh ke bagian bagian tubuh agar terhindar dari cidera otot. Hal itu diungkapkan oleh Wendy, salah seorang pelatih fitness yang memilki sertifikat Internasional.
Misalnya, kata wendy, sebelum melakukan latihan dengan menggunakan alat fitness berat maka latihan fisik didahului dengan pemanasan otot dengan menggunakan alat jogging tread mill. Alat ini berguna untuk menguatkan otot kai dengan berjalan atau berlari di tempat dengan kecepatan tertentu. Selain itu, alat fitness ini juga dapat menghasilkan penguatan jantung serta pembakaran kalori dan lemak. Ini adalah peralatan fitnes yang disesuaikan dengan aktivitas setiap hari, yakni berjalan dan berlari.
Setelah itu, peserta mengunakan life cycle atau sepeda statis. Alat ini gunanya untuk penguatan otot pada pagian paha. Efeknya juga untuk peningkatan kemampuan organ sex pemakainya. Karena itu, penggunaan sepeda statis ini juga berfungsi sebagai senam sex.
Sementara, untuk memperkuat otot tangan ada alat rowing . Penggunanya akan merasa seperti sedang mendayung perahu. Alat rowing ini juga sekaligus berguna untuk penguatan otot paha dan otot antara bahu dan pinggang. Sementara untuk penguatan otot paha dan bokong dapat juga menggunakan alat step atau alat bantu langkah yang digerakan seperti saat naik tangga.
Menurut Wendy, trend olahraga kebugaran dengan alat di Eropa, Amerika, dan Australia cenderung menggunakan peralatan fitnes berupa bola atau yang dikenal dengan mady ball. Bola ini bergaris tengah satu meter dan digunakan untuk melatih keseimbangan tubuh melalui penguatan otot punggung dan perut.
Masih ada alat dumble dengan sejumlah ukuran. Benda-benda ini dapat digunakan untuk penguatan otot lengan dengan menggerakkannya ke atas dan ke bawah. dumble juga berfungsi untuk penguatan otot dada jika dilakukan dalam kondisi tidur. Sedangkan untuk memperbesar dan mengencangkan otot dada dapat juga menggunakan alat butterfly dengan beban tertentu, tergantung kepada kemampuan pemakainya.

otomotif

Mobil Baru Nissan Akan Diperkenalkan Pada 2010
Selasa, 8 Desember 2009 10.45 WIB
Nissan akan segera memperkenalkan mobil hathcback terbaru mereka di 2010. Pihak prinsipal Nissan di Jepang sudah menyetujui peluncuran mobil hatchback itu di Indonesia.

"Pihak prinsipal kita sudah menyetujui kalau Nissan juga ingin memasarkan hatchback di Indonesia pada 2010," aku Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Takayuki Kimura.


                                                                                                              commons.wikimedia.org

Meski tidak menyebutkan merek mobil dan waktu peluncurannya, niatan NMI untuk meluncurkan hatchback tersebut karena menilai produk global tersebut akan dipasarkan se-Asia.

"Karena itu produk global jadi kita tertarik untuk memasarkannya. Pokoknya tunggu saja di 2010 peluncurannya di Indonesia, "ujarnya.

Sementara, Direktur Marketing PT NMI, Teddy Irawan mengaku belum bisa menyebutkan berapa kapasitas mesin dari mobil hatchback itu. "Kita belum bisa memastikan kapasitas mesin berapa yang kita pasarkan. Masih ngitung-ngitung," ujar Teddy.

arsitektur

Peresmian Jembatan Suramadu
Wednesday, 10 June 2009 10:20
Peresmian Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) yang akan dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pada Rabu pukul 10.00 WIB.
Masyarakat antusias untuk menyaksikan peresmian jembatan Suramadu sepanjang 5,438 meter.Yang menelan biaya  sekitar Rp.4,5 triliun dan terpanjang di Asia Tenggara .
Mereka tidak hanya berasal dari wilayah Surabaya, tapi juga datang dari sejumlah daerah sekitar, seperti Sidoarjo, Mojokerto dan Gresik. Sebagian warga bahkan datang dengan rombongan keluarga.
Puluhan aparat kepolisian terlihat melakukan penjagaan di sepanjang jalan menuju jembatan, sejak dari arah perempatan Jalan Kenjeran hingga menuju gerbang Pintu Tol Jembatan yang melintasi Selat Madura tersebut.Tiket tol Jembatan Suramadu untuk roda dua sebesar Rp. 3000 sedangkan roda empat Rp. 30.000.

HARTEKNAS

Wapres Akan Hadiri Puncak Acara Hakteknas
JAKARTA : Puncak acara Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-12  akan diselenggarakan  hari ini, Jum'at (10/8), di Jakarta. Wakil Presiden Jusuf Kalla direncanakan akan hadir dalam acara tersebut.
             
Selain Wapres, lima menteri juga direncanakan menghadiri puncak Hakteknas, yaitu Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, Menteri Pemberdayaan Perempuan, Menteri Pekerjaan Umum, Menteri Komunikasi dan Informasi, termasuk Menteri Negara Riset dan Teknologi.
            
Dalam puncak Hakteknas, Wapres Jusuf Kalla akan menyerahkan  penghargaan pada para penemu, peneliti, serta pengembang iptek di Indonesia. Beberapa penghargaan yang diberikan, Anugerah Riset Industri, yaitu penghargaan kepada perorangan maupun kelompok yang karyanya secara nyata telah diproduksi, berhasil meningkatkan penguasaan Iptek serta terbukti manfaatnya.

Anugerah Riset Masyarakat, yaitu penghargaan anggota masyarakat baik perorangan maupun kelompok yang telah berhasil menciptakan atau mengembangkan karya nyata yang teruji manfaatnya dalam meningkatkan kesejahteraan sosial-ekonomi masyarakat. Selain itu, Program Riset Unggulan Strategis Nasional (Rusnas), Ristek-MTIC Award atau penghargaan untuk mendorong kegiatan penelitian di Indonesia dan meningkatkan kesadaran dalam pemanfaatan kekayaan alam Indonesia khususnya di bidang kesehatan, obat dan kecantikan. Ristek-Medco Energi Awar,  untuk memotivasi masyarakat, utamanya masyarakat peneliti, agar lebih kreatif dan inovatif dalam pemacuan teknologi energi dan penerapannya untuk penghematan energi.

Ristek-Telkom Award, untuk mendorong peneliti  agar lebih kreatif dan inovatif dalam pemacuan teknologi informasi berbasis open source software dan penerapannya. Serta, lomba karya tulis bagi wartawan dan penulis umum terbaik dalam memasyarakatkan iptek, yang tahun ini mengambil tema bidang energi dan ICT (Information Communication Technology).

Jumat, 16 April 2010

IPTEK DALAM BERBAGAI BIDANG

Pemanfaatan EFI (Electronic Fuel Injection) Trainer dan Scan Tool dalam Pembelajaran Sistem Injeksi Bensin Pada SMK Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif Se–Ex Karesidenan Besuki. (Tesis)

Abstrak

Sekolah menengah kejuruan (SMK) sebagai lembaga yang bertujuan men-cetak tenaga kerja tingkat menengah lebih banyak mentransfer keterampilan kepa-da siswa. Untuk mewujudkan tujuan tersebut perlu diperhatikan beberapa hal antara lain: 1) mutu lulusan SMK yang sesuai dengan kompetensi yang dituntut oleh pasar kerja (DU/DI), 2) Standar Kompetensi Nasional Indonesia (SKNI), ser-ta 3) kebutuhan pembekalan kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan IPTEK. Perkembangan teknologi, khususnya bidang otomotif yang akhir-akhir ini begitu pesat adalah berkembangnya teknologi sistem injeksi motor bensin dengan kontrol elektronik atau yang dikenal dengan istilah EFI System. Perkembangan teknologi EFI ini bagi siswa SMK harus diketahui, dipahami, dan dikuasai. Agar siswa dapat memperoleh pengalaman langsung, untuk itu diperlukan media pembelajaran yang dapat mewakili benda sebenarnya, yaitu EFI trainer dan scan tool.
Untuk mengungkap dan mendeskripsikan EFI Trainer dan Scan Tool (ditinjau dari ketersediaan, penggunaan, dan kendalanya) dalam pembelajaran Sistem Injeksi Bensin pada SMK program keahlian Teknik Mekanik Otomotif Se-Ex Karesidenan Besuki, maka penelitian ini mempunyai rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimanakah ketersediaan EFI Trainer pada SMK program keahlian Teknik Mekanik Otomotif?, 2) Bagaimanakah ketersediaan Scan Tool pada SMK program keahlian Teknik Mekanik Otomotif?, 3) Bagaimanakah penggunaan EFI Trainer dalam pembelajaran Sistem Injeksi Bensin pada SMK program keahlian Teknik Mekanik Otomotif?, 4) Bagaimanakah penggunaan Scan Tool dalam pembelajaran Sistem Injeksi Bensin pada SMK program keahlian Teknik Mekanik Otomotif?, dan 5) Apa sajakah kendala yang ada dalam penggunaan EFI Trainer dan Scan Tool dalam pembelajaran Sistem Injeksi Bensin pada SMK program keahlian Teknik Mekanik Otomotif?
Untuk menjawab permasalahan di atas, penelitian ini dirancang dengan rancangan penelitian deskriptif dan dilakukan pada SMK program keahlian Tek-nik Mekanik Otomotif Se-Ex Karesidenan Besuki. Ada 16 SMK dengan 16 guru dan 468 siswa yang dijadikan sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling acak secara proporsional (proportional random sampling). Penelitian ini menggunakan lembar observasi dan angket untuk pe-ngumpulan datanya.
Dari hasil penelitian dapat diungkapkan bahwa: 1) Ketersediaan EFI trai-ner di SMK Se-Ex Karesidenan Besuki masih kurang memadahi, 2) Ketersediaan scan tool di SMK Se-Ex Karesidenan Besuki masih sangat kurang memadahi, 3)  Sebagian besar guru hanya menggunakannya sebagai alat bantu/peraga, 4) Pada umumnya guru maupun siswa menggunakan scan tool sebagai alat untuk mendi-agnosis kerusakan (trouble shooting) yang terjadi pada EFI system, dan 5) Pada umumnya, kendala penggunaan EFI trainer dan scan tool dalam pembelajaran Sistem Injeksi Bensin adalah dikarenakan keterbatasan atau jumlah alat yang tidak memadahi.
Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, maka ada beberapa saran yang da-pat disampaikan, yaitu: 1) Bagi Pimpinan Direktorat Pembinaan SMK Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan penentuan kebijakan dalam program pengembangan SMK khususnya di ex karesidenan Besuki ditekankan pada pe-nambahan sarana praktek khususnya Scan tool dan EFI trainer. 2) Bagi Peme-rintah Daerah Tingkat II di Wilayah Ex-Karesidenan dari hasil penelitian dida-patkan kekurangan alat dan terlalu tinggi perbandingan jumlah alat dengan jumlah siswa pada program keahlian Mekanik Otomotif. Dengan demikian perlu duku-ngan Pemerintan Daerah dalam rangka pengadaan sendiri ataupun saring dengan Pemerintah Pusat. 3) Bagi Kepala Sekolah, diharapkan ada langkah-langkah kongkrit mencukupi kebutuhan media khususnya untuk pengadaan EFI trainer dan scan tool. Hal ini dilakukan agar ketersediaan EFI trainer dan scan tool dalam pembelajaran. 4) Bagi peneliti lain perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan EFI trainer dan scan tool dan kemampuan awal siswa terhadap pencapaian kompetensi mata diklat Sistem Injeksi Bensin. 5) Bagi peneliti hasil penelitian ini merupakan bahan inspirasi untuk lebih meningkatkan inovasi model pembelajaran sebagai pengganti keter-batasan peralatan, sehingga tujuan pencapaian kompetensi sistem injeksi bahan bakar bensin tetap tercapai.